Selasa, Juli 06, 2010

Pesta Buku Jakarta 2010

Category: Event

Hari Minggu kemarin sambang ke Pesta Buku Jakarta 2010 di Istora Senayan. Dari pagi sudah siap2 pake baju yang enak dipake, sepatu keds, dan bawa backpack. Bawa botol minum dan cemilan. Tisu dan sabun cair Antis. Pokoknya persiapannya gak kalah seru sama kalo mau naik gunung dah.

Soalnya berdasarkan pengalaman tahun2 lalu, acara ini ruameeeee banget. Dan sebagai penggemar buku kelas berat, saya bisa menghabiskan waktu dari jam 10 pagi sampe jam 9 malam di lokasi. Tahun 2008 saya pulang dengan menenteng hampir 60 buku. Memang sih sekitar 15-an titipan temen... Tapi tetep ajah. Pegelnya itu bo!

Bener juga, kali ini pun saya pulang menenteng 35 buah buku. Kalap. Soalnya murah banget. Novel dijual sekitar 5000-15000 perak. Novel tebal The Last Concubine yang di Gramedia harganya 80 ribu, di sini bisa didapat dengan 35 ribu rupiah saja.

Tuh, gambar di atas menunjukkan hasil perburuan saya.

Pesta Buku Jakarta ini masih akan berlangsung sampai dengan 11 Juli nanti, jadi bagi yang pengen pergi, masih belum telat. Masih bisa mampir wiken ini.

Beberapa tips:
  1. Pake baju dan sepatu yang enak dipake. Jangan pake high heels. Kalo bisa pake sepatu keds tertutup deh, biar jari kaki gak keinjek, soalnya rame banget!
  2. Adik kecil apalagi adek bayi ditinggal di rumah saja. Kesian. Udah rame, karena mereka masih pendek, sumpek di bawah sana dan kegencet orang2 dewasa.
  3. Kalau mau rada sepi, datang sebelum jam 10 pagi atau sesudah jam 6 sore. Mereka buka sampai jam 9 malam.
  4. Kalau mau borong, bawa backpack, biar tangan gak serasa mau copot nenteng2 kantung plastik berisi buku. Lebih ok kalo bisa naek mobil dan parkir deket pintu masuk. Jadi kalau belanjaan sudah penuh, bisa taruh di mobil dulu, terus masuk lagi hunting lagi.
  5. Di lokasi dijual makanan dan minuman jadi gak perlu kuatir kelaperan. Tapi ya harganya agak mahal dibanding makanan sejenis di luaran. Seporsi nasi ayam goreng harganya 24 ribu. Harga di mal biarpun tempat gak sekeren di mal.
  6. WC penuh dan tidak bersih. Juga tidak ada tisu WC. Jadi mendingan bawa tisu dan juga sabun cair macam Antis untuk mencuci tangan.
  7. Bagi Anda yang ingin ramah lingkungan, jangan menerima kantung plastik tiap kali belanja di suatu stand. Sayang kan kalo Anda belanja cuma 1 buku di 10 stand yang ber beda2 lantas pake 10 kantung plastik. Mendingan yang bisa digabung minta digabung Anda di tas yang sudah kadung ditenteng. Bumi memerlukan 1000 tahun untuk menghancurkan limbah plastik. (Mulai kumat cerewetnya...)
  8. Yang dijual di Pesta Buku Jakarta adalah buku2 berbahasa Indonesia. Bagi penggemar buku impor, bisa menunggu pameran buku tahunan yang di JCC. Lupa namanya tapi biasanya selang beberapa bulan sesudah PBJ ini.

Terakhir di Senayan juga berbarengan ada Festival Makanan Bango, Opera Bobo dan Pameran Circus. Saya kurang tahu tentang acara tersebut, tapi sepertinya cukup oke untuk hiburan keluarga.

***

2 komentar:

  1. waduhh bukunya apa aja tuh? pernah beli 60 buku sekaligus? wow! aku jg seneng koleksi buku, sayang gag di jkt nih

    BalasHapus
  2. Hihihi... Thanks for the comment... 60 buku tapi sebagian titipan temen kok. Senangnya pameran buku begini ada banyak penerbit yang buku2nya gak selalu ada atau jarang ada di toko buku besar seperti Gramedia. Jadi bisa dapet buku2 yang agak "langka".

    BalasHapus