Minggu, Januari 03, 2010

Goodbye 2009... Hel-looo 2010...


Category: Feelings & Thoughts

Lama tidak nge-blog, tau2 sudah tahun 2010. Tahun 2009 adalah tahun yang luar biasa warna-warni buat saya. Gimana enggak? Dalam tempo 365 hari ada banyaaaak sekali kejadian...

Kena PHK

Nasib... nasib... Biarpun saya sering mengomel tentang kerjaan saya, ngedumel saat kudu bangun pagi untuk ngantor setelah hura2 semalam suntuk, pengen nabokin rekan kerja yang nyebelin banget; tapi toh ternyata jadi pengangguran lebih enggak enak lagi. Tiap pagi bangun bingung sendiri enaknya mau ngapain. Ngajakin teman jalan, mereka pada sibuk kerja. Ngobrol sama temen2 jadi enggak pede karena mereka semua dengan lincahnya bisa bercerita tentang dinamika kantor beserta pernak-perniknya, sedangkan saya cuma bisa pasang senyum kaku bin palsu sambil dalam hati berdoa semoga topik cepat berganti jadi gosip bintang sinetron ato apalah sehingga saya tidak tambah frustrasi.

Kehilangan teman
PHK ternyata ampuh untuk menyeleksi siapa teman beneran, siapa teman gadungan dan siapa teman butuh doang. Istilah ini saya pinjam dari seorang rekan yang juga kena PHK dan mengalami nasib sama sama saya. Beberapa teman sekantornya yang tadinya akrab mendadak jadi sok sibuk dan menghilang tanpa berita. Lebih sakit hati lagi, 3 bulan kemudian ketika teman saya ini mendapat kerjaan baru yang jauuuuh lebih baik daripada kerjaan lama, "teman2" sialan itu pada mendadak nongol dengan sok akrab dan tanpa tahu malu minta nitip2 CV. "Gue jawab dengan manisnya, oooo silakan email aja resume kalian. Terus gue delete semuanya. Dasar ular beludak bermuka dua!" kisahnya dengan emosi. Yah, paling enggak teman2 yang ada di sekitar saya sekarang adalah teman2 beneran, dalam susah dan senang.

Belajar ngirit
Kena PHK tentu saja jadi tidak ada pemasukan. Dengan sendirinya saya musti mengerem hasrat belanja saya yang kadang gila2an. Mengurangi jalan ke mal. No more clubbing. Acara makan2 di resto2 mahal di Kemang ganti makan2 di fast food atau resto murah meriah. Tapi bagus juga. Lemari baju saya jadi lega karena saya punya waktu untuk menyeleksi baju2 yang tak terpakai dan tak beli baju baru sama sekali.

Belajar memperhatikan orang lain
Justru di saat susah saya jadi lebih berempati pada orang lain. Status pengangguran membuat saya sempat meluangkan waktu untuk mengorganisir kegiatan amal. Biasanya saya cuma nitip duit karena sok sibuk dengan kerjaan dan acara hura2.

Pacaran dengan cowo buaya sialan
Status pengangguran rupanya membuat mata hati saya jadi juling. Antara bulan September-November saya sempat pacaran kilat dengan seorang cowo ganteng, tajir, keren yang ternyata sudah punya cewe! Sedihnyaaa... Udah pengangguran, dijadiin ban serep pula! Untungnya cepat ketahuan sehingga sebelum terlambat saya bisa tendang jauh2 tuh cowo! Bodo amat dia naek BMW 750 lebih. Harga diri dan moral nilainya lebih dari itu!

Kenalan dengan Head Hunter
Status pencari kerja aktif membuat radar saya jadi lebih tajam terhadap kehadiran head hunter. Walaupun akhirnya saya mendapatkan kerja dari network, bukan dari head hunter, saya sangat gembira berkenalan dengan banyak head hunter selama satu tahun terakhir ini. Malah beberapa di antaranya jadi teman saya, bukan sebatas professional network.

Penyakitan
Tahun 2009 saya mengalami berbagai penyakit yang aneh2. Bukan penyakit berbahaya sih... tapi menjengkelkan sekali. Coba bayangkan, masa cewe sebesar saya sakit belekan, biduran, mimisan... Semasa kecil aja saya gak pernah yang aneh2 kayak gitu... Karena saya tidak lagi ter-cover asuransi kantor, terpaksalah saya mencari obat2 tradisional atau generik.

Main petak umpet dengan ortu
Untuk pertama kali dalam hidup saya berbohong habis2an sama ortu. Mereka gak tau kalo anaknya dipecat dan udah ber bulan2 nganggur. Biasanya saya sangat terbuka dengan mereka, tapi kali ini saya memutuskan untuk tutup mulut rapat2. This is my problem. Not theirs. Mereka sudah membesarkan saya. Biarlah sekarang mereka menikmati hari tua dengan tenang.

AKHIRNYA... dapet kerjaan baru!!! ^___^
Setelah pencarian selama 9 bulan akhirnya lahirlah si bayi yang bernama "Kerjaan Baru". Horeeee!!! Saya akan mulai gawe di kantor baru besok pagi. Doakan yah! Sebenarnya saya sudah beberapa kali mendapat tawaran kerjaan lain, tapi saya kurang sreg. Entah karena lokasinya yang nun jauh di Tangerang - saya ogah pindah dari lokasi saya sekarang di Sudirman - , gajinya kurang oke, atau insting saya mengatakan calon bos saya bukan tipe bos yang bakal cocok. Ho!

Jangan salah. Saya pernah mendengar bahwa pasangan hidup mempengaruhi 90% kebahagiaan di rumah, dan bos mempengaruhi 90% kebahagiaan di kantor. Padahal tiap hari saya bakal menghabiskan 8 jam atau lebih di kantor. Dan satu2nya kesempatan untuk memilih bos adalah pada saat interview! Sesudah mulai kerja kita tidak bisa lagi memilih bos.

Overall, 2009 hase been an amazing year. I've learned a lot, lost a lot and gained a lot.

So, thank you 2009! Welcome 2010!

***

4 komentar:

  1. 'Happy New Year White Rose !' :) Selamat sdh dpt kerja baru, Semoga sukses selalu. amiin.

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak Ari... :) Amin amiiin... Selamat tahun baru juga...

    BalasHapus
  3. Hi SWR. setuju bgt ama opini kmu tentang pengangguran.. bedanya gw blom dapet kerjaan baru.. hopefully cepet nyusul kmu dapet kerjaan baru ya hehehe ^^ Happy new year.

    BalasHapus
  4. Gw doain Alice... Ekonomi lagi bagus nih, mustinya gak sesusah dulu cari kerja. Cuma yaaaa dapet kerjaan yang oke rada untung2an sih... Good luck! Tar cerita2 di blog yah kalo dah dapet gawe baru ^_^

    BalasHapus