Minggu, April 18, 2010

Afraid of Commitment or Just Plain Lazy?


Category: Feelings & Thoughts
"Kamu bukannya tidak punya waktu buatku! Kamu cuma takut sama yang namanya komitmen! Iya kan!"
Saya diam saja. Sudah sebulan ini ada seorang cowo pe-de-ka-te sama saya. Hampir tiap hari kami jalan bareng. Tapiiiii... ada tapinya nih, saya selalu menerima ajakan jalannya dengan senang hati setiap Senin sampe Jumat, tapi tidak untuk Sabtu dan Minggu.
Kenapa?
Karena kalo saya jalan sama dia pas malam Minggu, rasanya koq sudah berasa pacar beneran.

Lha apa salahnya?
Nah, itulah! Makanya hari ini doski meledak dan nuduh saya takut komitmen.
Am I? Does commitment scare me?
Saya berusaha jujur pada diri saya sendiri. Dan jawabannya adalah: maybe. Perhaps. Mungkin.

Soalnya... yah, soalnya... Any kind of commitment bikin bulu kuduk saya berdiri dan rasanya pengen lari se kenceng2nya. Mulai dari komit untuk ikutan bible study seminggu sekali, sampe komit jadi MC acara kantor.
Mari saya jelaskeun...
Pas jaman sekolah saya termasuk siswi yang aktif dan populer. Dengan sendirinya banyak tawaran mulai dari ketua kelas, ketua regu Pramuka, sampe jadi calon anggota OSIS. Tapi ternyata pada sejarahnya, saya cuma 1 kali saja bener2 menjabat sebagai ketua kelas. Lainnya saya memilih buat jadi sekretaris ato bantu2 jadi panitia apa lah, asal bukan posisi yang tetap. Saya ogah komit untuk jabatan formal.
Bible study seminggu sekali. Awalnya sih karena gak enak diajak teman. Naga2nya bulan pertama masih rajin hadir seminggu sekali. Bulan kedua absen mulai bolong2. Teman2 mulai pada nelpunin, nanyain kenapa saya koq gak dateng. Cilakanya, telpon2 itu justru bikin saya merasa terpojok dan privacy saya ditembus dengan tidak menyenangkan. Dan biarpun saya manusia yang termasuk bawel dan keliatan-nya "terbuka", sebenarnya privacy sangat penting buat saya. Makin ditelponin, makin sering saya bolos bible study, sampe akhirnya mandeg sama sekali. Padahal kalo pas ketemu temen2 terus diskusi soal bible, saya paling semangat. Kesimpulan, bukan bible study-nya yang saya ogah, tapi komitmen kudu nongol seminggu sekalinya yang bikin saya merasa terpaksa terus malah ilfil.
Saya juga ogah tampil di acara kantor jadi MC ato nyanyi biarpun teman2 bilang saya hobi ngocol dan suara saya lumayan oke. Kenapa? Karena saya ogah laen kali diminta lagi dan kudu latihan segala. Males!
Jadinya sebenarnya saya ini apa? Afraid of commitment or just plain lazy?
Kalo males, koq saya bisa komit dateng ke kantor tiap hari? Ikutan proyek? Ngintil bos meeting ke mana2 dengan sumringah?
Kalo takut komitmen, lha kok saya bulak-balik pacaran? (Biarpun PL2 alias putus-lage-putus-lageeeee) Terus kok dulu di Amrik saya bisa piara anjing? Kan kalo piara anjing saya komit ngebawa si anjing jalan2 tiga kali sehari ke park, ngasih makan, mandiin dll? Nah lo!
I need some time to think. Saya bingung.
***

2 komentar:

  1. klo saya blg sih,kamu bukan males atau takut komitmen,tapi mau tetap di "zona" kamu.tetap ada di area privacy kamu dimana orang lain ga ikut masuk ke situ,atau bisa dibilang kamu ga mau jadi repot/ribet karena orang lain.kamu hanya mau lakuin sesuatu kalo kamu lagi bener2 mau aja atas dasar keinginan kamu sendiri,bukan orang lain.kecuali yg 'terpaksa' kaya soal kerjaan ya, itu kan emang harus dateng ke kantor tiap hari,ikut proyek,biar kerjaan makin lancar,utk hidup sehari-hari.;).kalau seperti pacaran,bible study,MC,nyanyi,mungkin ngebuat kamu jadi berpikir-pikir dalam hati dan akhirnya ngebuat kamu jadi ga mau.Kalo piara anjing,mungkin kamu lakuin karna u like it & that comes from urself,not other peoples.Bisa dibilang kamu termasuk tipe individualis.hehehe.tapi ini menurut saya aja ya, SWR.kalo salah,maaf.hehe.GBU ya.^^

    BalasHapus
  2. Ehem... Kayaknya iya kali ya, hihihi... Makanya sedang refleksi diri nih... Gbu too... Thanks udah mampir yaa...

    BalasHapus