Jumat, September 10, 2010

This n That of Ramadhan n Lebaran

Category: Celebration


First of all, selamat hari raya Lebaran bagi semua rekan2 yang beragama Muslim. Maaf lahir dan batin.

Second of all, kirim2 ketupat dooooonk... hihihi...

Karena saya Katolik, saya tidak merayakan Lebaran. Tapi sebagai orang Indonesia yang notabene merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, saya sudah akrab dengan ritual bulan puasa dan Lebaran sejak masih kecil.

Bagi saya, bulan Ramadhan dan Lebaran akan selalu membawa kenangan2 manis seperti ini...

Puasaaaaaa.... Puasaaaaaaa...

Biarpun saya enggak puasa, tapi dari kecil udah biasa denger suara beduk dan anak2 yang lari2 di kampung seraya meneriakkan: "Sahuuuuurrrr.... Sahuuuuurrr..." Jaman sekolah dulu saya sangat senang mendengarnya karena itu berarti sebulan lagi bakal ada libur panjang, heheheh...

Hari2 Ramadhan, mal jadi penuh karena karyawan2 yang tidak puasa - untuk menghormati yang berpuasa - biasanya memilih makan di luar. Catering dihentikan sementara, diganti dengan uang makan. Saya sangat salut dengan rekan Muslim yang malah ikut kita ke mal. "Lho, mang kalau gw puasa seluruh dunia kudu berhenti kegiatan buat menghormati gw. Apa hikmahnya puasa tanpa godaan? Makin banyak godaan makin gede pahala gw donk!" Begitu katanya dengan muka kocak. Hebat deh elo, bro!

Kiriman parcel dan ketupat Lebaran.


Bahkan sampai sudah setua ini (ceile, sok tua de) anak2 di kantor masih hingar-bingar dan liar mendadak saat ada yang dapat kiriman parcel. Dengan sendirinya, sebelum yang empunya parcel sempat protes, isi parcel sudah dijarah dan di bagi2kan dengan se adil2nya dan dalam tempo yang se singkat2nya. Hehehe...
Canda ding, tapi memang parcel yang dikirim ke kantor biasanya dikumpulkan kemudian dikasi nomer dan diundi. Dengan demikian semuanya dapat dan gak memancing kecurigaan atau korupsi yang enggak2.
Anak2 kantor kan suka sok ngeritik pejabat korup tuh. Masa diri sendiri nerima sogokan parcel tanpa bagi2 ke temen2, kan malu atuh!

Jakarta semakin muaceeeeeeetttt ....!!!

Satu hal yang nyebelin pada bulan puasa baik bagi rekan2 Muslim maupun bukan: jam pulang kerja yang biasanya sudah macet jadi semakin tak berperikemanusiaan ajah macetnya!







Mudiiiiiiiiiik .... !!!!

Kalau ini mah, baik yang merayakan atau tidak memang sudah tradisi pulang kampoeng saat libur Lebaran. Jakarta jadi sepi bo...

Liburan ngapain Bu? Jadi pembantu di rumah niiiih...

Ya gitu lah kalo pembantu pada mudik, rekan2 wanita di kantor yang sudah berkeluarga biasanya mengambil cuti tambahan untuk jadi pembantu dan babysitter di rumah, hehehe...
Sekretaris bos saya juga begitu. Pusinglah si bos nanti seminggu sesudah Lebaran enggak punya sekretaris, hihihi...

Bukber bersamaaaaaaaa.... !!!

Yang ini mah acara rutin tiap bulan puasa. Entah puasa enggak puasa kita2 pada bikin acara bukber bersama yang sekaligus menjadi acara temu kangen dengan teman2 yang lama tidak berjumpa. Saya sendiri bisa seminggu 3 kali acara bukber. Dengan temen2 kantor lama. Dengan temen2 eks kuliah. Dengan teman2 eks SMA. Pokoknya banyak deh!
Tiap kali saya bilang mau bukber, temen2 saya pada ngeledek: "Kayak yang lo puasa ajah!"
Biarin! Yang penting hepi2 sambil berjamaah, hehehe...

Oma, Opa, Kakak, Adek, Om, Tante, semua ke mal....

Hari ini hari pertama Lebaran. Sudah bisa dipastikan 99% keluarga2 yang masih nyangkut di Ibu Kota akan rame2 pergi ke mal untuk makan. Seluruh keluarga diboyong. Sampe oma2 yang sudah naik kursi roda juga.
Habis gimana? Di rumah gak ada yang masak.
Warung2 pada tutup.
Baru deh kerasa betapa pentingnya pembantu dan warteg sebagai life support system kita se hari2.



Eniwei... Saya juga mau cabut lunch dengan temen2 yang sama2 gak mudik. So, again, selamat Lebaran dan liburan semuanya!

***

2 komentar:

  1. Hellow! Wow... nice post... so honest! :)

    senang kenalaaan.... :)

    cheers ;)

    BalasHapus
  2. Thanks, Lolo! I love your blog, too! Mampir2 lagi yah!

    BalasHapus