Minggu, Mei 16, 2010

In Defense of Starbucks

Category: Celebration, Daily Life, Feelings & Thoughts


"Besok, 17 May 2010, Starbucks Indonesia ber-ulang tahun yang ke 8. Jika anda datang ke toko, jangan lupa ucapkan selamat ulang tahun kepada barista anda :D"


Demikian status dari Starbucks Indonesia yang nongol di Facebook saya kemarin. Hmmm... Sudah 8 tahun? Berarti Starbucks pertama kali buka di Indo pada tahun 2002? Pantesan saya gak liat. Waktu itu saya masih naek sepeda nenteng ransel menuntut ilmu di negeri orang.


Terus terang waktu pertama kali saya tahu Starbucks buka di Indo saya gak yakin mereka bakal sukses. Gimana enggak, wong cuman jualan kopi sama kue dan roti2 doang! Mana kenyang? Lagian harganya hampir sama dengan di Amrik. Satu cangkir kopi harganya puluhan ribu kan gak murah coy!


Ternyata saya salah. Starbucks laku keras dan coffe shop menjadi trend baru di Indo, atau tepatnya Jakarta. Thanks to 3-in-1, segala macam brand seperti Dome, Coffe Bean, sampai Bakoel Coffee menjamur di mana2 untuk menampung para pekerja Jakarta, terutama di sekitar kawasan segitiga emas, yang gak bisa pulang karena menunggu jam 7 malam, berakhirnya jam 3-in-1.


Selain itu Starbucks bukan hanya sekedar tempat ngupi. Lha wong saya sebenarnya gak gitu doyan ngopi kok. Di Amrik saya malah jarang nongkrong di Starbucks. Di sana seringnya saya beli lewat drive-through untuk dibawa pulang. Tapi di Jakarta Starbucks jadi tempat favorit saya.



Coba saya daftar ya saya pernah ke Starbucks untuk ngapain aja..


  1. Seperti sudah disebut di atas, nungguin 3-in-1.

  2. Ngabur bentar dari kejenuhan kantor kalo udah burn-out.

  3. Ngumpet sama rekan2 sekantor buat haha-hihi sejenak dan ngegosipin bos. (Tentunya sambil waspada jangan2 si bos juga lagi ngumpet di Starbucks sambil ngomongin anak buahnya! Bisa jadi lho!)

  4. Interview semi-formal dengan head-hunter.

  5. Interview semi-formal dengan HR.

  6. Nunggu janjian sama orang. (Ya iyalah, masa janjian sama monyet!)

  7. Business meeting yang rada informal.

  8. Breakfast gawat darurat kalo pas lagi ke buru2. Di Starbucks ada quiche, croissant, dan bagel yang rasanya enak. Biarpun mahal, jadi jangan sering2! Katanya sarapan baik untuk kesehatan. Tapi kalo tiap pagi maksa nyarap di Starbucks, wuih! Gak baek buat kesehatan kantong!

  9. Pacaran. Lantaran udah kenyang gak mungkin ke resto jadi ya ngupi aja biar bisa ngobrol lebih lama.

  10. Pacaran. Lagi. Ini khusus buat Starbucks Sarinah yang buka 24 jam. Saya pernah pacaran sama banker yang kerjanya mpe malem mulu, jadi biasanya ketemu udah di atas jam 9 malem. Bisa ke mana lagi kalo gak ke Starbucks Sarinah, orang mal dan restoran udah pada tutup!

  11. Hang out sama teman2. Biasanya sesudah lunch atau dinner saat weekend, kita ngobrol sejam dua di restoran tempat makan. Abis itu cabut, jalan2 sebentar, nongkrong lagi di Starbucks. Ngobrol lagi.

  12. Beli 1 cangkir ngopi, nongkrong-nya 5 jam sambil bawa laptop. Ngeblog. Nulis puisi. Maen fesbuk. Internet dan listrik gratis. Balik modal deh.

  13. Nongkrong karena di kos lagi mati lampu. Daripada bengong di kamar yang gelap mendingan nongkrong di Starbucks.



Mungkin orang2 yang berasal dari generasi lebih tua, mami, papi, oma, opa, om, tante, pada ngomel: "Ngapaiiiiiin sih kamu hobi bener nongkrong di Starbak? Wong kopi kan di rumah juga ada. Kenapa harus bayar 30-40 ribu cuma buat secangkir kopi? Dasar anak sekarang memang boros..."


Waduh... panjang deh kalo ditulis semua... Tapi kira2 ya gitu deh...

Betul. Saya bukan penggemar kopi. Jadi gak masuk akal saya harus bayar sekian puluh ribu untuk secangkir minuman yang saya bahkan gak gitu suka. Lalu kenapa saya hobi nongkrong di Starbucks?



  1. The best hot chocolate in town. Gak ada yang ngalahin hot coco nya Starbucks. Ahem, jangan dibandingan real hot chocolate cafe2 mahal di Paris atau hotel2 berbintang ya... Maksud saya dibandingin sama coffeshop2 lain yang banyak bertebaran di Jakarta. Punya Starbucks is still the best! Yang laen kalo gak encer banget kayak aer cucian, ya rasanya malah kayak susu biasa gak kerasa coklatnya babarpisan.

  2. Cozy atmosphere. Whoever the designer interior is, he/she is a genius! Suasana yang sangat comfy tapi gak berlebihan cuma bisa saya temui di Starbucks. Inimitable. Unpretentious. Original. Makanya saya betah duduk ber jam2 di situ. Trus ada toilet yang bersih pula, jadi gak perlu keluar2 kalo mau ke toilet, hehehe...

  3. Service of excellence. Saya gak ngerti gimana kedai kopi yang satu itu nge-train pasukan barista-nya, tapi service Starbucks di berbagai negara yang saya pernah kunjungi adalah top class. Warm, friendly, and sincere. Kalaupun ada yang kurang palingan kalo pas lagi rame barista-nya jadi suka telat ngebersihin meja. (Masukan tuh buat Starbucks!)

  4. Dan ini yang paling penting: At Stabucks, I'm making memories. Memori bersama teman2. Memori bersama rekan2 kerja. Memori sendirian bersama laptop atau buku novel favorit. Memori dengan pacar. Sweet, delightful memories. And it's priceless. So, apakah worth it untuk spend 50 ribu untuk secangkir kopi di Starbucks? For me, the answer is: if you can afford it, and if you enjoy it, then it's a definite YES!

Happy 8th Birthday Starbucks Indonesia!


Thank you for creating good memories and enriching the lives of so many people!


***



Ada Starbucks, ada Setarbak, hehehe...

Orang Indonesia memang paling bisa...


2 komentar:

  1. kakak..
    aku setuju banget, haha
    mungkin kita bisa ngopi di Starbuck bareng.. haha

    BalasHapus
  2. Betul betul betul... (ala upin ipin)

    BalasHapus