Sabtu, Juni 20, 2009

Doyan Ngambeg? Hati-hati...


Category: Feelings & Thoughts

Prologue
"God dammit, Clare O'Brien, what do you want me to do, go down on my bended knees?I'm going to tell you something for your own good. You have a really sickening habit of sulking. Oh yes, you have. I remember you were just the same when you didn't win the history prize. Nobody likes a sulker, Clare, it's a form of blackmail. I didn't get what I wanted so I'm not going to speak to people. It's about the most objectionable vice anyone could have, so my advice is to get rid of it if you want to have any friends."

"I haven't many friends," Clare said.

"Think about it. That might be why."

(Echoes, by Maeve Binchy)

***
Saya berhenti membaca.

Nobody likes a sulker. Tidak ada orang yang suka sama tukang ngambeg.

Benar juga. Dan saya kebetulan... doyan ngambeg.

Saya ngambeg sama temen karena telat pas janjian sama saya.
Saya ngediemin (eks) bos karena gak boleh cuti.
Saya gak ngangkat telpon (mantan) pacar karena gak diajak ke resto favorit saya.
Saya mogok bicara sama Tuhan karena saya gak dikasih pacar dan kerjaan baru.

Setelah saya pikir-pikir, ngambeg itu:

1. KEKANAK-KANAKAN

Saya gak dapet apa yang saya mau. Saya kesel, merengut dan mojok serta gak mau ngomong sama siapa2, gak mau jawab kalau ditanya. (tapi sebenarnya minta diperhatikan) Mirip anak kecil yang ngambeg karena gak boleh ikut pergi ato karena gak dikasi makan permen kan?

2. BLACKMAIL

Karena saya jengkel gak dapet apa yang saya mau, saya menghukum orang lain dengan cara mendiamkan mereka. Mereka jadi serba salah dan gak tau musti gimana karena sayanya gak mau ngomong. Saya kesal, jadi kamu harus ikut merasa gak enak! Egois? Banget.

3. HATI-HATI!!! BISA JADI SENJATA MAKAN TUAN!!!

Ngambeg sama bos jelas bukan tindakan bijaksana karena dia punya power atas kamu. Salah2 kamu batal dapat promosi karena dianggap gak dewasa!

Ngambeg sama pacar juga bisa berbahaya. Dulu di Amrik saya pernah diputusin pacar gara-gara sayanya ngambeg mulu. Lama-lama dia cape sendiri dengan rengekan dan sok diemnya saya, dan saya diputusin. Jelas sayanya jadi kalang kabut dan balik nelpon sambil nangis2. Tapi dia udah terlanjur ilfil dan bales gak mau ngangkat telpon saya sama sekali. Sejak itu saya kapok, gak pernah lagi menerapkan strategi ngambeg sama pacar yang mana pun, karena ternyata gak efektif dan malah backfire, hehehe...

Ladies, kalau kamu lagi marah sama pacar, hati-hati, adalah tidak bijaksana untuk nyuekin sms dan telponnya! Kenapa? Karena bisa jadi dia malah kesal dan akhirnya masa bodoh atau lebih bahaya lagi: dia akan berpaling untuk curhat ke cewe laen. Dan kalau cewe laen itu kebetulan memang mau mancing di air butek? Siap2 aja kehilangan pacar!

Saya punya temen sebut saja namanya Orlando. Mantan pacarnya, Fifian, manis, manja dan doyan ngambeg. Mulanya memang tingkah laku Fifian yang kekanak-kanakan itu memang ngegemesin dan imut-imut. Tapi lama-lama kelakuan yang sok ngimut itu jadi ngeselin! Akhirnya tiap kali Fifian gak ngangkat telpon atau mogok diajak pergi, Orlando males membujuk-bujuk dan malah nelpon, curhat dan ngajak jalan cewe lain bernama Kristin. Nah, dasar cewe pinter plus licik, si Kristin yang biarpun gak cantik tapi lihai ini akhirnya pelan-pelan menggeser kedudukan Fifian dan merebut Orlando untuk dirinya sendiri! Senjata makan tuan buat Nona Fifian yang cantik tapi kurang taktis! Anehnya, seakan tidak berkaca dari pengalaman, sekarang Kristin juga hobi ngambeg dan Orlando berpaling ke... saya! Untung buat Kristin saya gak minat sama Orlando!

Dan berapa kali saya ngambeg sama Tuhan? Oho! Gak terhitung! Mulai dari karena saya putus pacaran sampai saya gak jadi ranking 1 di kelas sampai karena muka saya jerawatan pas ada acara ketemu cowo cakep sampai karena saya gagal dapet kerjaan yang saya mau.

Padahal saya ngakunya percaya bahwa Tuhan itu pencipta langit dan bumi dan segala isinya dan maha baik. Nah, kalau memang begitu, koq susah bener buat percaya bahwa Tuhan memang punya rencana yang baik buat saya? Bahwa Tuhan yang Maha segalanya itu knows exactly what He's doing? Kenapa saya maksa Tuhan dan kekeuh pokoknya Tuhan harus begini dan begitu, di tanggal segini bulan segini saya musti dapet pacar, di tahun sekian saya musti punya apartemen, di bulan sekian saya musti dapet kerjaan di X. E e e... Emangnya saya siapa, sok ngatur Tuhan, Sang Maha Pencipta, menyuruh-nyuruh seenak jidat dan ngasih deadline pula?

Saya berpikir, gimana coba kalau sekali-kali Tuhan bales ngambeg terus melakukan aksi mogok? Wuaduh! Bisa kacau semua alam jagad raya beserta seluruh isinya!

Untungnya biarpun Tuhan di surga mungkin migren tiap hari melihat tingkah polah anak-anaknya yang nakal-nakal, gak pernah puas, kelakuan bikin pengen nabok, dan ngambegan, Dia selalu sabar, gak pernah ngambeg, gak pernah cape ati, gak pernah call in sick (gak kayak saya), dan gak pernah statusnya unavailable. Kalau di YM, ibaratnya Tuhan gak pernah offline, selalu online dan available, cuma sering invisible ajah.

Hari ini, saat sedang bersantai-santai di pagi hari Sabtu dan membaca cuplikan buku di atas, saya bertekad akan berhenti menjadi sulky girl. Saya gak akan ngambeg lagi. Okelah, paling tidak akan berusaha sekuatnya untuk tidak ngambeg. Terutama sama Tuhan. Saya janji gak akan ngambeg lagi sama Tuhan walaupun sampai sekarang saya tetap belum dikasi kerjaan baru dan pacar baru. Biarpun saya sudah nganggur berbulan-bulan dan jomblo selama setahun lebih. Janji!

Dan saya janji gak akan ngambeg2 sama Aniki. (Baca blog tentang Aniki di sini) Terima kasih Aniki! Untung kamu sabar ngadepin saya. Sayang seribu sayang kamu gak naksir saya. Apa kalau saya brenti jadi tukang ngambeg terus kamu mau sama saya? *ngarep dot com*

***

4 komentar:

  1. Dear SWR,
    sama kaya kmu, gw juga suka ngambeg. Gw suka deskripsi kmu tentang ngambeg ama Tuhan. Itu yang juga jadi pergumulan gw sekarang. huehuehue.. gw uda nganggur berbulan-bulan ampe skrg. pengeluaran bener2 mesti di rem hehe. belom lagi masalah keluarga dan cinta. untungnya tiap gw ngeluh ke satu temen deket, dia selalu kasih nasehat supaya gw takes time for saat teduh, percaya kalo rencana Tuhan indah pada waktunya. Tapiiii.. kenapa yah buat gw rasanya sulit banget sekarang.
    GBU ya SWR :)

    BalasHapus
  2. Haha saya impressed dengan pengandaian ini:
    "Ibarat YM, Tuhan gak perna offline, selalu online & available, cuma sering invisible ajah."
    Good point u make here :)
    and nice writings!

    BalasHapus
  3. Mbak, salam kenal ya, aku gak sengaja nemu blog Mbak nih hehehe...
    Tulisannya bagus Mbak... ^^ tapi kalo boleh tahu itu buku apa sih? Jadi pengen juga..

    Keberatan gak Mbak kalau misalnya saya masukin blognya ke list saya?

    BalasHapus
  4. Alice: Thanks Alice. Beruntunglah kamu punya temen yang begitu baek :) Sama donk kita lagi pengangguran, kudu prihatin, hehehe... Tp gpp. "Seek first the kingdom of God and His righteousness, and all those things will be given you besides." Setuju? GBU too...

    Nyonyakecil: Ma kasih udah mampir ke blog saya, sering2 ya, hehehe... I browsed through you blog, like your writings, too! Lagi suka blogwalking juga nih.

    Shinlee: Tengkiu dan salam kenal juga Shinlee... Jadi tambah semangat buat nulis, kan saya masi baru dalam dunia per-blog-an ini. Itu buku karangan Maeve Binchy (penulis Irlandia), judulnya Echoes. Novel2 dia enteng dan bercerita tentang kehidupan sehari-hari, cocok buat dibaca waktu senggang, plus banyak yang bisa jadi bahan renungan. Sekali-kali coba aja cari. Masuk ke list Shinlee? Wah, boleh banget! :) Btw, kok saya susah post komen di blog kamu ya? Saya cuma mau bilang buku 5 cm OK. Idealis dan nasionalis tanpa kesan menggurui atau fanatik. Caranya mendeskripsikan keindahan alam bumi pertiwi Indonesia juga bagus. *angkat jempol* Thanks ya sudah mampir.

    BalasHapus