Minggu, Juni 07, 2009

Kenapa Kamu Gak Punya Cowo? Padahal Kamu Cantik...


Category: Single Life

Dilema cewe single di kota besar. Terutama bagi cewe yang disebut sebagai "highly qualified single". (Atau mungkin malah "over-qualified"?) Kami sudah kayak iklan Djarum berjalan: "Kapan kawiiiin? Kapaan? Kapaaaaan?"

Lagi-lagi pertanyaan itu.

Saya sedang chatting dengan seorang temen SMA, cowo, yang barusan ketemu di Facebook setelah sekian tahun. Setelah beberapa patah basa-basi dan ringkasan "kamu ngapain aja setelah lulus SMA", keluarlah pertanyaan itu.

Alamak! Bulan ini saya kenalan dengan 4 cowok baru. Eh, yang ini gak baru ding, kan temen SMA, biarpun gak pernah ketemu lagi setelah lulus. Dan 3 di antaranya via chatting mengajukan pertanyaan yang berbeda-beda tapi intinya sama.

"Cantik kayak kamu kok jomblo sih..."
"Kenapa kamu gak punya cowo? Cakep begini..."
"Kenapa kamu gak punya cowo? Padahal kamu kelihatan cakep kalau lihat foto-foto kamu di Facebook..."

Iya ya. Kenapa saya gak punya cowo? Kenapa saya sudah setahun ini jomblo?

Bisa jadi teman-teman saya tadi cuma basa-basi, menambah embel-embel "cantik" supaya pertanyaan yang sebenarnya tidak kedengeran terlalu "nyelekit". Tapi kalau mau jujur, memang banyak yang bilang saya cantik. Saya sendiri merasa saya (lumayan) cantik. Menurut saya semua perempuan bisa dibikin supaya kelihatan cantik. Apalagi perempuan Jakarta yang saya jumpai di mal-mal daerah Jakarta Selatan. Tidak ada yang tidak cantik. Semua dandan, terpoles rapi, rambut keluaran salon, make-up yahud, baju glamor, parfum semerbak. Pertama kali pulang ke Jakarta saya sampai takjub. Cewe-cewe Amerika mah kalah jauh dalam soal penampilan, dibanding cewe-cewe Jakarta!

Secara klasik, saya tidak cantik. Maksud saya, saya bukanlah sekelas penyanyi Korea Hyori atau artis Hongkong Vivian Hsu, yang sepertinya sudah cantik dari lahir, yang baru bangun tidur tanpa polesan kosmetik dan rambut masih acak-acakan juga memang sudah cantik. Kebetulan saja saya memenuhi persyaratan cantik secara komersial seperti yang sering digembar-gemborkan di media: tinggi, langsing, kulit yang memang sudah putih dari sononya, rambut panjang. Teman-teman cowo bule di Amerika dulu menyebut saya Oriental Barbie. Kekurangan saya seperti jerawat, bekas gigitan nyamuk di lengan, dada rata dll bisa diakalin dengan concealer dan push-up bra. Beres. Ah, the power of make up. The power of artificial beauty.

Tapi memangnya itu yang membuat seorang cewe punya pacar atau tidak? Hanya karena dia cantik? Di novel-novel remaja sih mungkin. Bagi orang dewasa yang sudah bisa mikir, itu bukan satu-satunya.

Saya tau cewe jelek tapi baik yang sudah married..
Saya tau cewe jelek tapi baik yang belum married.
Saya tau cewe jelek tapi pinter dandan yang sudah married.
Saya tau cewe jelek tapi pinter dandan yang gak married2.
Saya tau cewe jelek plus bitchy yang sudah married. (Saya bingung, apa yang bikin suaminya jatuh cinta ya?)

Saya tau cewe cantik tapi bitchy yang sudah married.
Saya tau cewe cantik tapi bitchy yang belum married.
Saya tau cewe cantik dan baek yang sudah married.
Saya tau cewe cantik dan baek yang gak juga married.
Saya tau cewe cantik, baek, pinter, perfect, yang ga punya cowo. (Lha, aneh kan. Cowo-cowo di sekitarnya pada gak doyan cewe kali ya.)

Kesimpulannya? Status udah married atau belum, punya cowo atau enggak, bukan hanya tergantung si cewe cantik atau tidak.

Ah, boong! Cowo kan lemah di mata.

Betul. Kalau saya jalan ke mal, saya tau banyak mata cowo, baik yang lagi lenggang-kangkung sendirian atau lagi gandeng cewe, ngelirik ke saya. Bukannya sombong, tapi buat saya, pandangan kagum dari cowo adalah santapan sehari-hari. Tapi apakah itu akan membuat cowo-cowo tadi meninggalkan cewe jelek (atau kurang cantik dari saya deh, sopannya) yang digandengnya, mendatangi saya dan mengajak pacaran? Weleh, ya enggak lah!

Makanya saya teteup bersikeras dengan pendapat saya bahwa cantik atau tak cantik bukanlah alasan satu-satunya kenapa seorang cewe sorangan wae, punya pacar, tunangan, atau married.

Lha lantas apa donk?

Hehehe... Nanti deh saya pikirin lagi.

***

2 komentar:

  1. km ga pny inner beauty kali...byk cewe cantik tp cantiknya cuma sekedar fisik,sementara lagak/perawakannya + ekspresi mukanya kaya sombong,angkuh, n jutek gt...ya ga ada yg mau lah

    BalasHapus
  2. Ma kasih udah mampir... Nah, tapi gimana ngejelasin cewe yang udah gak cantik plus jorok n jutek luar biasa, tapi cowo-nya cinta mati? Atau cewe cantik yang kelakuan ratu banget dan cowo-nya menghamba habis2an (sampe kata temen2 saya udah kayak budaknya, bukan pacarnya? Cinta, merit atau gak merit, punya pasangan ato enggak, ternyata gak begitu simpel dan bisa digeneralisasi...

    BalasHapus