Sabtu, Juni 20, 2009

Tips Ngirit Buat Yang Hobi Makan di Mal

Category: Tips

Kamu cewe metropolitan yang doyan gaul. Dengan sendirinya sosialisasi adalah sangat penting buat kamu. Sama kayak saya. Acara favorit saya adalah ngumpul, makan dan ngobrol seru dengan teman-teman. Biasanya di mal karena di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin bertebaran mal yang gampang dicapai seusai pulang kerja.

Masalahnya? Makan di mal perlu duit. Dan kadang banyak duit. Iya kalau pas keadaan keuangan bagus. Lha kalo enggak? Atau kalaupun keadaan keuangan kamu bagus, sebenarnya ada 1 cara gampang untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu tanpa perlu mengurangi hobi makan di mal. Apa itu?

Bawa minum sendiri.

Teman2 saya yang punya bisnis restoran semua mengatakan bahwa keuntungan terbesar sebuah restoran biasanya bukan didapat dari makanan, tetapi dari minuman. Kenapa? Karena saat melihat menu, biasanya orang lebih konsentrasi melihat harga makanan daripada minuman. Saat melihat harga makanan yang murah, mereka otomatis akan lebih terdorong untuk masuk, tanpa memperhitungkan jumlah uang yang harus dibayar untuk minuman.

Ini terutama merugikan untuk orang2 seperti saya yang biasanya cuma pesan es teh tawar atau air mineral dan cepat haus saat bepergian. Saya pernah makan siang pada hari kerja di satu cafe di Plaza Senayan. Waktu itu saya sudah wanti2 teman saya supaya jangan memilih restoran yang mahal karena saya lagi bokek dan minggu itu sudah 3 kali makan siang di mal. Saya memesan menu all-day-breakfast yang terdiri dari hash brown, omelette, sosis, sayur, plus roti panggang harganya Rp 26 ribu. Saya pikir, wah gak mahal! Kemudian bon datang. Coba tebak, berapa tagihan saya? Total Rp 55,200! Harga 1 gelas ukuran medium es teh tawar (bukan refill) yang saya minum adalah Rp 22 ribu! Plus tax dan service charge. Betul sih jumlah segitu tidak akan membuat saya miskin. Tapi sakit ati gak sih minum es teh tawar segelas harganya Rp 22 ribu?! Berapa sih modal bikin es teh tawar? Lima ratus perak mungkin? Atau malah kurang dari itu?

Saya punya pengalaman lain makan di salah satu restoran di Plaza Indonesia. Persis di sebelah restoran ada toko kecil yang menjual snack dan minuman dingin. Saya mampir dulu di situ membeli 1 botol air mineral dingin seharga Rp 3,500. Masuk ke dalam, di menu saya lihat 1 botol air mineral yang sama dijual seharga Rp 8,800, plus 10% tax. Dan jangan lupa, di banyak tempat yang lebih fancy mereka hanya menyediakan air mineral bermerk yang mahal yang harganya paling murah Rp 25 ribu per botol. Malah kadang Rp 35 ribu.

Saya perhatikan saat orang memesan minuman mixed yang rada funky sekalipun, mereka juga memesan air mineral sebagai tambahan. Nah, kalau kamu bawa air minum sendiri, kan lumayan ngirit tuh. Di banyak restoran, mereka bahkan mau menyediakan es batu gratis kalau kamu minta.

Sejak itu saya sedapat mungkin saya membawa air sendiri dari kos setiap kali bepergian. Jadi di restoran saya tinggal memesan makanan saja. Atau kalau saat jalan2 di mal saya haus, saya tidak selalu harus membeli minuman yang dijual di konter2. Saya hitung2 sebelum membawa botol minum sendiri saya bisa menghabiskan Rp 200-300 ribu per bulan hanya untuk es teh tawar dan air mineral tiap kali jalan-jalan keluar. Itu sama saja Rp 2,4-3,6 juta setahun! Mendingan uangnya saya pakai untuk beli apalah gitu!

Untuk teman-teman yang "onta" (minumnya banyak), coba deh bawa minum sendiri. Beli aja tempat minum yang rada bagusan di supermarket, biar gak bocor ke mana2 dan merusak tas kamu. Balik modalnya cepet kok. Mumpung kita2 yang cewe ini boleh membawa tas ke mana-mana. Kalau cowo kan ribet kalau harus nyimpen botol air di kantong, gak mungkin mereka ikutan bawa2 tas kan, kecuali ransel, hehehe...

Gimana kalau ada restoran yang tidak mengijinkan membawa minuman dari luar?

Ho ho ho... Saya belum pernah mengalami ditegur di restoran manapun, mulai dari yang menu makanannya Rp 10 ribu per porsi sampai Rp 250 ribu per porsi saat saya membawa air minum sendiri, selama saya tetap membeli sesuatu dari mereka.

Kalau misalnya sampai ditegur bagaimana?

Bilang aja itu minuman yang dicampur obat khusus dari dokter. Kalau udah gitu emangnya mereka berani mendebat lagi? Hehehe...

Apakah ada teman2 yang pernah mengalami makan di restoran yang benar2 tidak mengijinkan membawa air minum dari luar? Tolong kasih tau saya ya. Biar saya bisa menghindari makan di sana.

***

2 komentar:

  1. iya bener tu SWR hehe..
    kalo dlu waktu masih di luar, gw selalu bawa botol air sendiri dari ruma, karna selalu merasa beli di luar mahal. skrg pas balik jadi suka beli minuman di luar. Tapi lama-lama merasa kok pengeluaran jadi kaya air ya.. hehe. Laen kali gw mau bawa botol air aja lah ;)

    BalasHapus
  2. Hihihi... Alice, kalo aer ato es teh tawar harganya wajar2 aja 3000-5000 an per gelas sih gpp. Lha kalo di mal kan seringnya belasan atau malah puluhan tibu tuh! Jadi ya repot dikit gpp deh, daripada sakit ati waktu bayar :D

    BalasHapus